Cara Melihat Source Code Website yang Tidak Bisa Klik Kanan

Dalam bahasa pemrograman kita mengenal dengan namanya source code atau disebut juga source adalah kumpulan kode bahasa pemrograman baik itu HTML, PHP, JavaScript, CSS, dan bahasa pemrograman lainnya, yang terdapat pada suatu halaman website dan dapat dibaca oleh manusia.

Source code atau kumpulan kode sendiri bisa didapat di website dinamis atau statis.

Apa itu website dinamis?
Website dinamis adalah website yang melibatkan bahasa pemrograman server contohnya PHP.
Apa itu website statis?
Website statis adalah website tetap yang mana pengguna tidak bisa mengubah konten di website tersebut secara langsung melalui browser. Contohnya seperti blog yang kamu baca ini.

Di dunia website hal-hal seperti meniru design, kode, tampilan, mungkin bisa dibilang hal yang lazim. Ada beberapa pemilik website yang membolehkan untuk meniru source code, design, dan lain-lain, tapi ada juga yang tidak boleh seperti mencantumkan label copyright pada footer halaman web jadi segala sesuatu pada website tersebut tidak boleh di copas, dan ada juga yang gak mau code-nya dicopas sama sekali, orang ini biasanya memasang anti klik kanan. Tapi, jangan khawatir disini saya akan memberikan kamu cara melihat source code yang tidak bisa dibuka dengan klik kanan.

cara ini bisa dibilang cara alternatif dari klik kanan, kamu tinggal menambahkan view-source: saja untuk mengakses atau melihat source code tersebut.

Oke langsung saja ke tutorialnya :

1. Copy alamat website yang akan diakses source code-nya

Cara Melihat Source Code Website yang Tidak Bisa Klik Kanan

2. Buka tab baru lalu copy url tadi dan tambahkan view-source: 

View-source: ini berguna untuk melihat source code pada suatu website walaupun owner website memasang anti klik kanan, cara mengaksesnya hanya menambahkan view-source di depan nama domain.

Tambahkan view-source:

3. Nah sekarang kamu sudah bisa mengakses source code-nya.

Sekarang kamu bisa lihat source code  websitenya dengan jelas.

Source code

4. Selesai... lebih baik source codenya dijadikan referensi, jangan meniru mentah-mentah karena mungkin saja yang punya website tidak ingin source codenya diambil oleh orang lain.

Bagaimana mudah bukan? ya pasti dong. Semoga post ini bermanfaat bagi semua yang membutuhkannya dan jangan lupa ikuti terus blog ini agar tidak kelewatan artikel menarik lainnya

Jika bagi kamu artikel ini bermanfaat "tolong share ke teman-teman kamu ya"

Terimakasih.



Langganan untuk mendapat artikel lainnya:

1 Response to "Cara Melihat Source Code Website yang Tidak Bisa Klik Kanan"

  1. wah bermanfaat banget nih gan buat intip2 source codenya..

    ReplyDelete

- Komentar relevan sesuai isi postingan diatas
- Dilarang menyebarkan link aktif
- Tunjukan kualitas dirimu dengan berkomentar yang baik