Berbagai Rumor dan Mitos Terkait Baterai Smartphone

Berbagai Rumor dan Mitos Terkait Baterai Smartphone
Berbagai Rumor dan Mitos Terkait Baterai Smartphone

Pernahkah kalian mendengar pertanyaan. "apakah mencharge smartphone terlalu lama akan membuat baterai cepat rusak?". Pertanyaan tersebut adalah salah satu dari sejumlah pertanyaan yang sering dilontarkan oleh para pengguna smartphone. Kitapun akan mendapatkan jawaban yang berbeda-beda setiap menanyakan pada orang lain. Lalu manakah yang benar? untuk mengetahuinya simak kebenaran dibalik berbagai rumor dan mitos terkait baterai smartphone berikut ini.

Rumor dan Mitos Terkait Baterai Smartphone yang Sering Terdengar di Masyarakat

  • Baterai Smartphone Punya "Ingatan"
Siapa yang suka mencharge smartphone saat hampir habis karena takut rusak? Rumor ini sudah tak asing ditelinga para pengguna smartphone. Ia mengatakan bahwa hanya boleh mencharge smartphone saat baterainya benar-benar hampir habis. Hal yang biasa disebut "memory effect" ini memang pernah berlaku untuk baterai jenis Ni-cad lama. Namun untuk smartphone jaman sekarang yang menggunakan baterai lithium mitos ini adalah SALAH.

  • Harus Mengisi Baterai Dengan Charger Bawaan Pabrik
Katanya charger bawaan pabrik adalah yang paling pas untu suatu smartphone, makanya banyak orang berburu charger ori jika  milik mereka rusak. Sebenarnya apa sih yang membedakan charger ori dan bukan? tentu jawabannya adalah spesifikasi, setiap charger memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Mereka disusun berdasarkan jenis komponen yang bermacam-macam. Jika ada charger yang bisa mengisi lebih cepat dari yang lain itu artinya ia bisa menyalurkan arus daya listrik lebih besar, namun bukan berarti arus besar itu selalu baik.

  • Baterai Akan Cepat Rusak Jika Dicharge Terlalu Lama
Kebanyakan orang suka mencharge smartphone saat akan berangkat tidur dan mencabutnya saat di pagi hari. Lalu timbullah pertanyaan, apakah hal tersebut dapat merusak baterai? jawabannya adalah TIDAK. Untuk baterai jenis lama mungkin akan mengalami yang namanya "overload", namun baterai jaman sekarang sudah cukup "pintar" untuk menghentikan arus daya masuk jika sudah tidak dibutuhkan.

  • Jangan Memakai Smartphone Saat Di Charge
Rumor yang satu ini memang masih simpang siur akan kebenarannya. Godaan untuk memakai smartphone saat dicharger memang susah untuk diabaikan. Untu yang satu ini saya tidak berani mengatakan benar atau salah, tapi saya sarnkan untuk tidak menggunakan smartphone saat dicharge agar pengisian berjalan normal dan optimal.

  • Harus Menunggu Baterai Terisi Penuh Sebelum Dipakai
Banyak Orang selalu mencharge smartphone mereka sampai penuh karena percaya bahwa akan bertahan lebih lama. Hal ini adalah SALAH karena ternyata tidak ada keuntungan dibalik melakukan hal tersebut. Bahkan kebanyakan pabrik smartphone hanya mengisi setengah dari kapasitas baterai saat akan dikemas untuk dijual. Dan faktanya baterai akan bekerja secara optimal saat kapasitas 40-80%.

Gimana? sudah ga bingung kan dengan berbagai rumor dan mitos terkait baterai smartphone yang sering beredar di masyarakat. Jangan lupa untuk kunjungi blog ini lagi agar kalian mendapat info menarik serta artikel bermanfaat lainnya.

Langganan untuk mendapat artikel lainnya:

0 Response to "Berbagai Rumor dan Mitos Terkait Baterai Smartphone"

Post a Comment

- Komentar relevan sesuai isi postingan diatas
- Dilarang menyebarkan link aktif
- Tunjukan kualitas dirimu dengan berkomentar yang baik