Hal yang Harus Dilakukan Ketika Laptop Terkena Air

cara mengatasi laptop yang terkena air

Laptop menjadi komponen utama bagi mereka yang menyukai dunia teknologi maupun IT, tanpa laptop akan hampa rasanya, bagaimana tidak? laptop sudah membantu kita sebagai pelajar dalam membantu tugas-tugas sekolah dan pekerjaan yang harus dilakukan melalui perangkat laptop ini.

Bagaimana jika suatu hari laptop yang kamu pakai sehari-hari rusak dikarenakan oleh kecerobohan kamu sendiri? kesal dan menyesal bukan. Seperti saya yang laptopnya terkena air dan hampir rusak namun masih bisa diselamatkan tapi ada satu komponen yang paling penting yaitu "AUDIO" yang rusak begitu saja setelah kejadian itu tapi saya masih bersyukur karena komponen lain masih aman-aman saja.

Saya merasa sangat menyesal, andai saja pada saat itu saya tidak makan bakso didepan laptop pasti hal itu tidak akan terjadi, ya tapi sudah terjadi gimana lagi? akibat dari itu Audio Driver saya hilang otomatis tidak bersuara, mau install driver baru juga tidak bisa.

Nah kamu mau hal seperti itu terjadi pada laptop kesayanganmu? pasti tidak kan, maka dari itu jangan sekali-kali makan bakso didepan laptop dan minum air tepat diatas keyboard, jika tidak siap-siap saja laptop kamu bakal rusak. Oleh karena itu Baizuri.com akan memberitahu kamu semua hal apa saja yang harus dilakukan ketika laptop terkena air atau kuah bakso.



Mencabut charger

Segera cabut charger laptop kamu jika memang laptop sedang di cas, hal ini dilakukan agar tidak terjadinya konslet karena pada saat di cas laptop masih terhubung dengan aliran listrik yang melimpah sehingga bisa menyebabkan komponen-komponen lain juga rusak.

Melepas baterai

Segera lepas baterai ketika laptop sudah terkena air, karena jika laptop dalam keadaan masih menyala (hidup) dan apabila terkena air kemungkinan besar laptop akan mati secara tiba-tiba dan bisa dipastikan aliran listrik masih ada, untuk mencegah kerusakan yang lebih jauh ada baiknya segera lepas baterai.

Keringkan laptop dibagian yang terkena air

Setelah mencabut charger dan melepas baterai sudah dilakukan, maka hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengeringkan laptop dibagian yang terkena air atau pada seluruh bagian juga boleh.
Waktu itu saya memakai kipas angin saja yang saya arahkan ke laptop tepat dibagian yang terkena air (kuah bakso), kamu juga bisa memakai Hairdryer untuk mengeringkannya.

Bongkar casing laptop

Bongkar casing laptop kamu jika perlu, guna mendeteksi bagian mana saja yang terkena air dan lebih mudah untuk mengeringkannya karena tidak ada halangan (casing). untuk ini kamu bisa menggunakan cotton bud agar lebih mudah atau bisa juga hairdryer.

Tambahan...


Untuk memastikan komponen mana saja yang mungkin rusak, tunggu satu jam (tergantung seberapa parah) setelah melakukan poin diatas. Coba nyalakan laptop kamu dengan menekan tombol power lalu cek apa saja yang mungkin rusak karena kejadian yang tidak mengenakkan tersebut.


Komponen yang bisa saja rusak setelah terkena air 

  • Audio (dikarenakan adanya konslet ketika air mengenai komponen yang masih dialiri listrik)
  • Keyboard (sudah jelas, jika memang airnya terkena tepat diatas keyboard)
  • Mungkin bisa saja mati total
Dalam kasus saya hanya terkena dibagian touchpadnya saja namun bisa saja mengalir kedalam dan mengenai komponen-komponen lain, sehingga audio laptop saya rusak.

Jika sudah melakukan poin-poin diatas namun tidak juga membantu, saran saya bawalah laptop ke tukang service atau toko toko laptop untuk mendeteksi kerusakan pada laptop kamu.

Oke itu saja yang dapat saya tulis hari ini. Semoga membantu semua yang membacanya dan jangan lupa ikuti terus blog ini agar tidak kelewatan artikel menarik lainnya.

Terimakasih.









Langganan untuk mendapat artikel lainnya:

0 Response to "Hal yang Harus Dilakukan Ketika Laptop Terkena Air"

Post a Comment

- Komentar relevan sesuai isi postingan diatas
- Dilarang menyebarkan link aktif
- Tunjukan kualitas dirimu dengan berkomentar yang baik