Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Baterai Smartphone

Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Baterai Smartphone
Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Baterai Smartphone

Baterai merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah smartphone. Namun baterai juga merupakan salah satu komponen yang paling sering rusak dan harus diganti. Kenapa begitu ya? Apa yang salah sehingga menyebabkan baterai cepat rusak? Jawabannya ada di kebiasaan buruk yang dapat merusak baterai smartphone, yukk kita simak!

Baca Juga : Berbagai Rumor dan Mitos Terkait Baterai Smartphone

  • Menggunakan Charger Sembarangan

Jangan sepelekan sebuah charger, jika menggunakannya secara sembarangan hal tersebut akan merusak baterai maupun smartphone itu sendiri. Setiap smartphone dan baterai telah dirancang dengan kapasitas yang berbeda-beda, begitu juga dengan charger. Ia juga memiliki spesifikasi yang bermacam-macam, arus yang dapat dialirkan juga berbeda-beda. Jadi berhati-hatilah dalam memilih sebuah charger.


  • Baterai Sering Mengalami Overload

Menurut rumor, “semakin lama charging smartphone maka baterainya akan lebih awet”. Rumor tersebut sangat menyesatkan, faktanya setiap baterai smartphone memiliki kapasitas untuk menyimpan daya yang berbeda-beda. Selama apapun kamu mencharge nya, jika sudah penuh maka tidak akan bertambah. Hal tersebut malah akan menyebabkan overload pada baterai dan membuatnya cepat rusak. Namun baterai jaman sekarang sudah dilengkapi dengan fitur untuk mencegah terjadinya overload.


  • Tidak Pernah Mengistirahatkan Smartphone

Sama seperti manusia, sebuah smartphone juga butuh yang namanya istirahat. Jika digunakan secara terus-menerus otomatis daya pada baterai juga akan ikut terkuras. Hal tersebut bukanlah hal baik dan akan berakibat buruk pada smartphone maupun baterainya. Jadi saya sarankan untuk tidak terlalu memaksa kinerja smartphone kalian.


  • Menggunakan Smartphone Sambil Dicharge

Nah yang satu ini memang susah untuk dihindari, saya yakin kalian pasti pernah menggunakan smartphone saat sedang dicharge. Penggunaan tersebut tidak dianjurkan karena akan berakibat buruk pada smartphone dan baterai. Jika kalian tetap menggunakan smartphone saat dicharge maka bisa-bisa ia akan mengalami overheat. Selain itu daya yang baru masuk ke baterai akan langsung digunakan untuk menjalankan fungsi smartphone, hal tersebut sangat tidak dianjurkan.


  • Membiarkan Smartphone Terpapar Suhu Panas

Komponen dalam sebuah smartphone termasuk baterai tidak dirancang untuk menahan paparan suhu yang berlebih. Namun kadang kita tidak sadar dan cenderung tidak peduli akan hal itu. Hayoo ngaku, siapa yang suka meletakkan smartphone diatas dashboard mobil ataupun di dekat televisi. Memang tampak sepele namun hal tersebut akan membuat kamu menyesal nantinya.

Ok, mulai sekarang tinggalkan hal-hal buruk yang sering kalian lakukan agar smartphone kalian tetap awet. Jangan remehkan hal-hal kecil jika tidak ingin menyesal di kemudian hari. Cukup disini dulu pembahasan tentang kebiasaan buruk yang dapat merusak baterai smartphone, semoga dapat menambah ilmu dan wawasan kita bersama.




Langganan untuk mendapat artikel lainnya:

0 Response to "Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Baterai Smartphone"

Post a Comment

- Komentar relevan sesuai isi postingan diatas
- Dilarang menyebarkan link aktif
- Tunjukan kualitas dirimu dengan berkomentar yang baik