Lakukan Hal Ini Setelah Upgrade Ke Windows 10

Sebelum melakukan upgrade windows kamu harus benar-benar memikirkannya secara matang agar kedepannya tidak gagal atau salah langkah terutama untuk windows 10, apakah cocok dan memadai dengan system requirement yang diminta? jika tidak, jangan upgrade karena akan menyebabkan OS lag nantinya, apakah mau menjalankan update agar windows lebih baik? jika iya kamu punya pilihan yang tepat dan jika tidak, maka urungkan niatmu karena di windows 10 memiliki banyak update guna memperbaiki fitur-fitur yang telah ada, tentunya bisa menguras kuota kamu terkecuali pengguna WiFi. Apabila kamu sukses melakukan proses upgrade dan bisa menjalankan sistem operasinya, ada hal yang harus kamu lakukan agar windows tetap stabil dan berjalan dengan normal. Berikut poin-poinnya...
Lakukan Hal Ini Setelah Upgrade Ke Windows 10
Lakukan Hal Ini Setelah Upgrade Windows 


1. Cek Driver

Cek driver windows kamu untuk memastikan driver terpasang dengan sempurna dan tidak adanya error di driver tersebut. Banyak kejadian setelah upgrade ke windows 10 pengguna menemukan adanya error driver seperti Sound (No Audio Output Device Is Installed), hilangnya driver network (WiFi), dengan kata lain driver tidak bekerja dengan baik. Jika memang ada error seperti diatas, jangan panik dulu, kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan menerapkan beberapa cara berikut :
  • Install driver terbaru, bisa melalui device manager atau aplikasi pihak ketiga sepeti Driver pack atau Driver Easy.
  • Disable dan Enable pada driver yang error.
  • Menjalankan Windows Update
  • Add Legacy Hardware di device manager

2. Hapus Windows Old

Windows Old adalah folder yang berisikan file atau backup-an windows sebelumnya, biasanya folder ini bertempat di direktori sistem yaitu (C:), fungsinya untuk melakukan downgrade apabila kamu mendapati error di windows yang install. Jika dalam beberapa hari windows berjalan dengan lancar dan tanpa adanya kendala, kamu bisa menghapus windows old ini guna membebaskan banyak storage yang termakan oleh windows old. Jangan diremehkan, Windows old ini bisa sampai 20GB bahkan lebih lho. Untuk cara menghapusnya kamu bisa search di google dengan mengetikkan keyword seperti ini "Cara Menghapus Folder Windows Old di Windows 10". Jika sudah, nikmati free storage!

3. Cek dan jalankan Windows Update

Microsoft sering merilis update minor maupun mayor pada windows. Maka dari itu setelah berhasil upgrade ke Windows 10, pastikan kamu cek Windows Update dan install update-update yang terlewatkan. Tidak disarankan jika kamu menggunakan kuota karena dikhawatirkan kuota kamu akan habis, gunakan WiFi untuk menjalankan update agar bisa menghemat kuota modem atau seluler.

4. Percepat performa Windows

Percepat performa windows kamu dengan melakukan penghapusan file di folder %temp%, folder tersebut adalah folder temporary file windows yang digunakan secara sementara, file sementara tersebut dibuat untuk menyimpan data sementara ketika ada file yang dibuat atau sedang digunakan tanpa kita sadari akan memenuhi hardisk, maka dari itu file tersebut harus dihapus secara berkala. Agar tidak repot-repot kamu juga bisa memakai aplikasi pihak ketiga seperti CCleaner yang fungsinya membersihkan cache, error registry, dengan kata lain bisa mendongkrak performa windows menjadi lebih baik.

5. Pastikan aplikasi berjalan dengan normal

Pastikan semua aplikasi windows berjalan dengan normal dengan membuka satu persatu aplikasi tersebut khususnya aplikasi "harian" atau aplikasi yang sering kamu gunakan untuk mendukung aktivitas kamu sehari-hari. Kalo saya akan melakukan cek pada aplikasi-aplikasi berikut...

  • Google Chrome, ini sudah pasti karena saya suka browsing dan tentunya juga seorang blogger.
  • Lightshot, aplikasi screenshot andalan saya dari dulu hingga sekarang.
  • Sublime text, text editor yang sering saya pakai untuk melakukan kegiatan coding.
  • Game, tentunya ini sudah menjadi keharusan bagi laki-laki seperti saya, membuka game tanpa error apapun adalah hal yang menyenangkan hehe.
  • Dan aplikasi lainnya.
Jika semua aplikasi atau software berjalan dengan normal maka dapat dipastikan kamu sukses melakukan upgrade ke Windows 10.

Reaksi saya ketika Windows berjalan dengan normal


Kesimpulan

Tentunya masih ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk memastikan windows kamu berjalan dengan normal. Oke itulah hal yang harus kamu lakukan setelah upgrade ke Windows 10, semoga membantu dan berguna bagi siapa saja yang membacanya. Jika ada kritik dan saran silahkan berkomentar dan jangan ragu memberikan pengalaman kamu seputar upgrade ke Windows 10.






Langganan untuk mendapat artikel lainnya:

0 Response to "Lakukan Hal Ini Setelah Upgrade Ke Windows 10"

Post a Comment

- Komentar relevan sesuai isi postingan diatas
- Dilarang menyebarkan link aktif
- Tunjukan kualitas dirimu dengan berkomentar yang baik