Penyebab No Audio Output Device Is Installed Pada Laptop

Audio merupakan komponen terpenting pada suatu laptop atau komputer. Audio berperan penting dalam mendukung produktivitas atau kegiatan kita sehari-hari, seperti halnya mendengar musik, menonton film, recording atau bahkan membuat musik, jelas sekali tanpa hal tersebut hampa rasanya. Bagaimana bila audio di dalam laptop kita rusak? tidak mengeluarkan suara? tentunya muncul rasa kesal bukan?.

Penyebab No Audio Output Device Is Installed Pada Laptop
Penyebab No Audio Output Device Is Installed Pada Laptop


Nah, pasti banyak dari kita pernah mengalami masalah pada suara laptop sehingga mencari banyak cara untuk memperbaikinya. Untuk itu, kita harus mengenali apa saja penyebab terjadinya "No Audio Output Device Is Installed" sehingga kedepannya kita bisa lebih berhati-hati dan bisa mencegah masalah ini.

Laptop terkena air

Penyebab "No Audio Output Device Is Installed" bisa terjadi karena laptop yang kamu pakai terkena air sehingga membuat speaker laptop atau Soundcard rusak. Ketika laptop terkena air ada baiknya kamu langsung mencabut segala kabel yang terhubung ke laptop, melepas baterai, mengeringkan bagian yang terkena air, dan pastikan tak terhubung dengan aliran listrik lagi guna mencegah kerusakan pada komponen-komponen lainnya.


Driver tidak terpasang dengan benar

Penyebab No Audio Output Device Is Installed Pada Laptop
Driver di Device Manager

Biasanya terjadi ketika setelah selesai upgrade windows, yang harus kamu lakukan jika masalah tersebut disebabkan oleh driver maka kamu harus melakukan reinstall pada Sound Driver, ke device manager lalu cari sound, video, game controller dan lihat driver yang bermasalah kemudian klik kanan lalu pilih "Update Driver". Atau bisa juga uninstall drivernya terlebih dahulu lalu "Scan For Hardware Change".

Driver yang tidak kompatibel

Terjadinya masalah diatas juga bisa disebabkan oleh driver yang terpasang tidak kompatibel, cari dan pasang driver baru. Untuk mencarinya kamu bisa mengunjungi website resmi dari laptop dan cari driver yang kompatibel dengan OS, Processor, Bit, jenis laptop, atau spesifikasi lainnya guna audio kembali seperti semula. Bisa juga menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti DriverPack Atau DriverEasy.

Driver suara/sound yang terpasang secara umum :

  • Realtek HD Audio Definition
  • High Definition Audio
  • DLL

Solusi Terakhir

Jika segala cara untuk mengatasi masalah suara ini sudah dilakukan. Tapi, tetap saja tidak kembali normal, ada kemungkinan masalahnya di hardware. Jadi, yang harus kamu lakukan adalah membawanya ke tukang service atau toko komputer terdekat untuk segera diperbaiki kerusakannya.

Penutup

Itulah beberapa penyebab munculnya masalah "No Audio Output Device Is Installed" pada laptop, Semoga berguna dan bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya dan ikuti terus perkembangan blog ini untuk mendapatkan artikel dan tutorial mengenai teknologi lainnya. Terimakasih sudah berkunjung.


Langganan untuk mendapat artikel lainnya:

10 Responses to "Penyebab No Audio Output Device Is Installed Pada Laptop"

  1. Terima kasih Mas Saya telah terbantu dengan adanya artikel ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas, terimakasih sudah berkunjung.

      Delete
  2. komputer ane juga gitu terus pake cara diatas ternyata work thanks gan

    ReplyDelete
  3. kebetulan laptop tmen ane juga kya gini
    thnks infonya gan

    ReplyDelete
  4. oh jadi ini penyebabnya, thanks to artikel. Sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  5. akhirnya nemu juga postingan yang ane cari cari. thanks gan

    ReplyDelete
  6. punya saya harus ke reparasi kemarin
    saran jangan ditancapkan terus kabel audio ke lepynya

    ReplyDelete
  7. Kompi ane nih langganan begini alhasil serinh unins driver :3

    ReplyDelete
  8. Oh jadi ini toh penyebabnya,,thank infonya gan

    ReplyDelete

- Komentar relevan sesuai isi postingan diatas
- Dilarang menyebarkan link aktif
- Tunjukan kualitas dirimu dengan berkomentar yang baik