Pengertian Indie Game Developer

Pernah mendengar istilah Indie Game Developer? Pasti kamu bingung sebenarnya apa sih yang dimaksud oleh istilah Indie ini, saya sempat mengira bahwa Indie itu India haha, setelah mengetahui arti yang sebenarnya saya sangat terkejut karena mengetahui saya salah besar, Sebenarnya banyak istilah selain Indie seperti First Party Developer, Second Party Developer, Third Party Developer. Akan tetapi, karena istilah "Indie" ini banyak sekali diperbincangkan oleh khalayak ramai maka saya memilih topik ini untuk dibahas lebih lanjut.

Pengertian Indie Game Developer
Pengertian Indie Game Developer


Jadi Apa Itu Indie Game Developer?

Singkatnya istilah "Indie" itu berarti "Independent" yang mana artinya adalah studio game yang bergerak sendiri (mandiri) dan dibuat oleh perseorangan atau tim yang relatif kecil, biasanya tanpa dukungan dari Publisher Game (Penerbit). Karena tidak mempunyai dukungan dari Publisher, Studio Indie sangat bergantung pada Distribusi Digital, Seperti menyewa Influencer untuk memainkan game tersebut, via sosial media atau via marketing atau juga bisa menggunakan Steam, GameDeals, dll.

Sejarah singkat, Dulunya membuat game itu sangat sulit, karena developer harus membuat assets gamenya satu persatu dan akan memakan waktu yang sangat lama untuk menciptakan suatu engine game, tentunya mereka harus menguasai semuanya mulai dari Coding, Shader, Maping, Art Directions, Rendering, Style, Music, dan masih banyak lainnya. Hal tersebut sulit dibuat oleh tim yang kecial atau dibuat oleh satu orang seperti banyak game saat ini, jikapun tim kecil itu berhasil membuat sebuah game maka akan ada tantangan baru didepannya yaitu pemasaran, dulu tidak ada pemasaran digital seperti yang kita kenal sekarang ini. Karena itu mereka harus mencetak dengan media fisik, disk, atau sebagainya. Lalu bagaimana dengan sekarang?

Sekarang membuat game relatif lebih mudah dibandingkan dengan zaman dulu, karena sekarang sudah banyak bertebaran engine-engine game, kita hanya perlu menyesuaikan opsi engine dengan game yang akan kita buat. Nah dari hal- hal tersebutlah yang menjadikan Indie Developer itu bisa berkembang dan menjadi seperti sekarang.

Kelebihan Indie Game Developer
  • Lebih bebas dan mudah berekspresi sesuai keinginan tanpa terikat oleh banyak tangan
  • Anggota yang relatif sedikit membuat kita bisa merasa dibutuhkan dalam tim
Kekurangan Indie Game Developer
  • Harus mendanai semuanya sendiri/tim karena tidak memiliki Investor atau Publisher
  • Tim yang kecil mengharuskan untuk multi tasking (tentunya ini sangat menguras tenaga)
Contoh Indie Game
  • Minecraft
  • Undertale
  • Braid
  • World Of Goo

Referensi







Langganan untuk mendapat artikel lainnya:

0 Response to "Pengertian Indie Game Developer"

Post a Comment

- Komentar relevan sesuai isi postingan diatas
- Dilarang menyebarkan link aktif
- Tunjukan kualitas dirimu dengan berkomentar yang baik